Bayi belum BAB (baby)

Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Ibu, Siang ini anakku belum juga buang air besar. Normal tidak ya? Padahal hari ini anakku sudah 2 kali diberi jus pepaya. Anakku memang punya masalah dengan BABnya yang kadang susah keluar walaupun BABnya sudah rutin tiap pagi.

Aku memang agak trauma karena waktu umur 1 bulan BABnya cuma air dan pasir. Sudah diberikan obat pencahar dari mulut sampai dengan (maaf) dubur tapi tetap saja tidak bisa keluar. Alhasil dsanya menyarankan kita ke RS dan dibawa ke UGD, setelah di klisma (maaf - duburnya
disemprot dengan alat) baru bisa BAB. Setelah 2 hari BABnya kembali normal. Dsanya bilang kalo anakku memang punya bakat sembelit. Sejak itu susunya aku buat lebih cair dan tidak pernah lupa memberikan jus pepaya. Aku mohon pencerahannya ya Ibu

Jawab
Anakku dari bayi juga sudah susah BAB. BABnya dua hari sekali. Dulu aku sering berikan dia alpukat dan pepaya bergantian. Minum air putihnya diperbanyak dan diberikan sayuran. Susu juga di encerkan [Rh].

Kalau untuk mengatasi sembelit anakku aku berikan madu 1 sendok teh di campur air matang 60cc, kemudian diminumkan ke anak tiap pagi. Pemberian madu ke anak dibawah 1 tahun memang pro dan kontra tetapi aku melakukan itu sejak anakku umur 3 bulan dan Alhamdulillah tidak pernah ada masalah. Yang perlu diperhatikan adalah kita harus yakin akan kebersihan madu tersebut [DA].

Anakku juga sering sembelit. Babnya dua hari sekali. Kasihan kalau lihat dia BAB sampai pernah dikasih obat pencahar juga. Padahal minum air putihnya cukup banyak, begitu pula dengan buah- buahannya. Ternyata Raissa ada cekungan sedikit disekitar -maaf- pantatnya jadi kurang lancar. Sekarang aku ganti susu SGM (setelah ganti dari Nutrilon, Bebelac, Enfa). Oleh dokter juga diberikan Lacto B - semacam enzim untuk pencernaan yang diberikan di susunya. Aku juga memberikan air madu. Semoga anak Ibu tidak sembelit lagi [MA].

Kemungkinan anak Ibu ada masalah dengan pencernaannya. Anak-anakku dulu juga mengalami hal seperti itu. BABnya berwarna hijau bulat-bulat. Kadang harus dibantu dengan microlax. BABnya juga sering berdarah. Setelah aku bawa ke dsa ahli pencernaan, ternyata memang ada masalah di ususnya. Sekarang Alhamdulillah sudah baik. Lebih baik diperiksakan saja, Bu [SI].

1 komentar:

Unknown mengatakan...

They’re amazing I especially liked the last one Solusi Menyembuhkan Penyakit Kondiloma Kutil Kelamin Tanpa operasi denature