Kantong plastik ASI

Sumber: Ibu-ibu DI

Tanya

Aku dapat sms dari ibu Ktk, Ibu DI juga yang saat ini lagi cuti melahirkan, beliau titip pertanyaan, begini isinya : "Ass. Mbak Vr. Aku mau minta tolong. Tolong tanya ke DI, dulu kan pernah membahas tentang kantong plastik penampung ASI untuk ditaruh dikulkas. Itu merknya apa? beli dimana? Aku lagi mencari, terima kasih ya [Vr]

Jawab

Kantong plastiknya merk avent aku belinya di toko bayi itc cempaka mas Rp 40.000,-/40 pcs tapi tidak terpakai sampai sekarang selain untuk digunakan khusus untuk botol merk avent ternyata juga mesti pakai penjepitnya (untuk ditutup), aku sudah keliling itc, cari penjepitnya avent, tapi tidak ketemu juga dan terlalu ribet, menurutku jadi aku prefer beli banyak botol-botol kecil untuk menyimpan asi di kulkas tapi kalau mau, bayari saja punyaku :) [Ley]

DSA anakku menyarankan pakai plastik biasa saja yang ada klipnya (yang biasa dipakai untuk menaruh obat dari apotik) plastik ini murah, tidak sampai Rp 5.000,- untuk satu bungkusnya (isi 50 atau 100 ya? lupa) Paling bagus untuk menyimpan ASI memang botol kaca, setelah itu botol plastik yang padat (kayak botol susu yang bening itu) dan terakhir yah plastik biasa. Aku sempat praktekkan, Alhamdulilah tidak apa-apa, kebayang saja mesti menyiapkan botol 30 buah tidak muat freezernya. Karena 1 botol/plastik diisi hanya untuk sekali minum, paling 50 - 100 cc ya. Bahkan pernah aku tugas keluar kota 2-3 hari aku tempatkan di plastik ini, selain bisa muat di kulkas hotel yang kecil itu, waktu pulang juga lebih ringkas, bisa 1 termos isi 20 -30 plastik [Rn]

Aku juga pakai plastik ini, murmer dan ringkas dalam penyimpanan. Jadi bisa menyimpan ASI banyak di freezer, juga bawanya di termos es bisa muat banyak. Alhamdulillah anakku yang kecil (hamper 3 bulan) tidak ada masalah, demikian pula kakaknya, yang kebagian ASI juga. Aku sudah mencari plastik ASI Avent di ITC sudah putar-putar tidak dapat, tapi ternyata mbak Ley dapat yah? Soalnya semua toko yang kutanyai jawabannya sama, plastik ini sudah tidak ada dari Aventnya soalnya tidak diproduksi lagi. Ada yang bilang mau diganti ama produk botol susu sekali pakai. Tahu cerita mbak Ley ternyata ribet, syukur juga tidak dapat kemarin :)) [Al]

Kalau mencari produk Avent kayanya jangan di ITC, lebih baik di Sogo (tapi kalau tidak salah cuma dipusatkan di Sogo Plaza Senayan deh). Biasanya disitu lengkap, malah terakhir kesitu dikasih katalognya segala. Soalnya pengalaman aku, waktu itu juga mencari container ASI yang isi 4 (sebenarnya sama dengan botol susu biasanya, tapi tutupnya bukan berupa dot, tapi ada piringan kedap udaranya, memang ditujukan buat menyimpan ASI perahan), waktu itu mencari di ITC kuningan, ketemu tapi harganya mahal sekali, buka harga Rp 225.000,-, dan mentok di Rp 175.000,-, tidak bisa turun lagi. Eh, waktu lagi di sogo, barang yang sama harganya cuma Rp 126.000,-. Kalau untuk asesoris kayanya di Sogo itu lumayan banyak kok, jepitannya juga aku pernah lihat. Sebenarnya kelebihannya plastik Avent ini cuma karena dia sudah pre-sterilized dan dijepit pakai jepitan supaya kedap udara, jadi ASInya tidak akan terkontaminasi. Mungkin kalau pakai plastik biasa, harus dipastikan kesterilannya juga kali ya. Si plastik ini memang bisa dipakai di botol Avent, tapi bukan botol Avent yang biasa, tapi botol khusus yang untuk plastik, jadi bentuknya kaya silinder, atas bawah bolong. Ini memang praktis kalau mau bepergian dan tidak mau repot cuci-cuci botol, jadi si plastik yang berisi ASI itu langsung dijepit dibotolnya dan si bayi minum langsung dari plastiknya itu, habis itu langsung buang plastiknya. Tapi ini juga harus pakai dot khusus. Memang rada ribet. Makanya aku lebih memilih pakai brestmilk containernya sekalian, selain lebih higienis, dan juga bisa dipakai sebagai botol susu biasa, tinggal piringannya diganti dot saja [Rn]

Kalau aku, plastik aventnya aku tutup pakai karet gelang, terus waktu menyimpannya di kulkas aku masukkan plastik kresek yang kecil sekali itu. Tujuannya untuk menghindari kebocoran, jadi kalau waktu diambil dari frezer & plastiknya menempel di alas frezer, yang menempel adalah plastik kreseknya, jadi plastik aventnya tetap bagus. Dulu itu aku beli plastik karena kulkasnya tidak muat kalau semuanya isi botol. Lagipula kalau sudah jarang minum susu karena minumnya pakai botol besar saja,ya banyak botol yang tidak terpakai. Di rumahku ada lebih dari 15 botol yang tidak terpakai, kalau ada yang mau boleh saja japri aku [MM]

Waktu itu aku belinya di Mahakam Baby Shoppe, diatasnya Apotik Mahakam-Le Gourmet yang di jalan Mahakam. Seingatku harganya Rp 100.000,- (kira-kira 1,5tahun lalu) untuk limapuluh plastik kalau tidak salah. Bagusnya sudah ada cc-nya di plastic-plastik ini jadi tidak bingung sudah pompa berapa cc. Tapi menurut Klinik Laktasi di Carolus dulu, plastik bening biasa juga tidak apa-apa kok (yang biasa buat plastik gula 1/4 kg). Atau kalau mau bisa pakai plastik yang ada zippernya kalau yang biasa tidak ada merk zippernya biasanya warna merah, yang lokal merk Bagus kalau yang impor merk Ziplock. Ini biasanya ada di supermarket [Gt]

0 komentar: