Tanya
"Kemaren aku dikolam renang liat ibu ibu marahin BSnya gara gara lalai megangin anaknya kali ya, aku ngga liat persis, yg jelas si anak nangis, si ibu itu ada kali ngomel ampe 30 menit, di depan si anak. Moms pada gitu ngga kalau marahin BS / Pembantu (PBT) di depan anak? aku sih selalu berusaha menghindari marahin BS di depan anak anakku, jadi pas ada kejadian yg aku harusnya marah, aku cuma ngomong satu kalimat, abis itu di lanjutin nanti kalau anak anak udah tidur, takutnya anak anak jadi gimana gitu loh ke BS kalau suka kita marahin di depan anak". (Di)
Jawab
"Kemaren aku juga marahin pembantuku krn lalai jaga anakku. Anakku jatuh sampai mukanya (bawah mata kanan & alisnya beset² berdarah) waktu bilang Bu, anakku jatuh, sambil ambil air anget & betadine, dia ber-ulang kali minta ma'af. Ini bukan saatnya marah batinku, tapi saatnya ngobatin anakku. Waktu anakku udah tenang baru aku nanya kejadiannya, trus aku kasih tau kalau jaga anak kaya' anakku nggak bisa meleng dikit, udah gitu doank. Trus pas anakku minum susu kulanjutin lagi (ronde kedua), kukasih contoh pembantu temen main anakku dulu gini-gini pokoknya yg positif bla bla bla, pake bahasa / contoh temen yg ia segeni dech, trus kalau jaga anak itu jgn sekadar jaga...tapi pake feeling....nich anak koq udah keliatan ngantuk atau capek, kita yg ambil keputusan, udah mainnya berhenti atau mainnya udah nggak aman lagi kita juga yg mesti ngerti, langsung angkat aja ganti main yg lain atau diajak pulang. Kalau sore biasanya para balita di sekitarku ngumpul & main bersama bersama para BS/pembantunya, ngobrol nggak apa-apa, tapi kalau anak lari-lari utamain anaknya, ikutin, jangan sudah jatuh baru kamunya yg panik, dia nganguk² sambil minta ma'af ber-kali-kali, mungkin udah diajarin temennya yach, minta ma'af. Soalnya anakku yg kejedot di mikrolet dulu itu dia nggak minta² ma'af. Jadi di depan anakku, aku nggak pernah marah²in / teriak²in pembantuku, paling nasehatin dia panjang lebar & luas, gitu itu wajahnya nampak sedih & nyesel....melas dech tampangnya". (Ch)
"Waduh aku malah hampir 'gak bisa marah' sama assiten, kecuali udah kebangetan. Habis kalau mereka sakit hati dan minta berhenti, alamak.... atau mereka sakit hati dan melampiaskan kepada anak² sementara aku kerja, gak ada di rumah....oh no.Aku sih seringnya bilangin mereka baik² aja, kasih tau kenapa mereka tidak boleh gitu, maunya aku begini, pake alasan yg masuk akal dan bisa mereka terima. Nah, kalau udah kebangetan baru aku marah yg pake ungkit², aku tuh tidak mau marah kalau gak perlu, kenapa gak bisa dibilangin baik², dll. Tp kejadian aku marah gitu jarang banget. Selain alasan yg aku bilang diatas, aku berprinsip, marah² itu seringnya gak menyelesaikan masalah, kalo dia bisa terima sih ok, kalo engga ? apa gak nimbulin masalah baru ?" (St)
"Aku pada dasarnya jarang sekali marah ke pembantu, dan kalo marah juga nggak bisa panjang-pendek sampe 30 menit. Kalo marah pun yang aku tekankan adalah efek negatif yg. bisa timbul akibat kesalahan dia itu, jadi lain kali harap tidak diulang ! Pernah pembantuku ntah kenapa bisa ngerebus air di panci teflon sampe kering dan lapisan teflonnya ngelotok rusak-hangus sampe baunya ke seluruh rumah. Waktu itu dia cuma sendirian di rumah. Aku marah dong ya... bukan karena panci teflon nggak bisa dipake lagi, tapi kalo rumah kebakaran bagaimana ? Kalo tabung gas meledak bagaimana ? Kalo dia celaka begimana ? Tapi paling cuma beberapa kalimat itu aja. Lagian, marah juga buat apa lagi, orang udah terjadi kok... Kebanyakan aku negur mereka sebelum mereka buat kesalahan yang besar. (He-he... sekalinya aku marah beneran karena kesalahan besar, hasilnya si bs aku keluarkan langsung dari rumah). Jadi nggak terlalu ada kesan begimana gitu, meskipun di depan anakku. Rasanya selama cara menegur kita nggak merendahkan dia, tidak akan ada kesan negatif pada diri si anak ke mbaknya. Sama saja kalo kita menegur anak di depan pembantu, jangan juga dgn. merendahkan si anak, ntar si bs / pembantu menganggap boleh² aja memperlakukan anak kita begitu. Dan aku kalo negur nggak akan bisa tuh panjang-panjang. Ntar kabur atau buat yg. enggak² sama anak gimana ?" (Ri)
"Wah aku tuh susah banget marahin pembantu dan BS anaku, paling mukaku cuma asem aja. Aku takut mereka tersinggung dan mereka 'gak bakalan berani bilang atau ngumpetin kesalahan jika ada apa², biasanya sih aku ajak dia bicara, sambil nahan² gemes. Semalem pembantu-ku ngadu sewaktu dia ngebersihin air cleaner, dia ngerusak/matahin tanpa sengaja kawat pembunuh kuman, yg bikin aku kesel tuh udah tau ada bagian yg rusak kok masih tetep dinyalain. Pengennya sih marah tapi aku tahan², udah bisa ngendaliin diri baru deh aku panggil ajak bicara. Pembantu-ku ini memang aneh orangnya (kayak yg stress yg dimungkinkan sewaktu dia kerja di majikannya terdahulu). Mamaku sih nyuruh ganti, tapi aku kasian bisa² dia tambah stres. Sekarang sih lumayan udah tidak terlalu sering ngelamun lagi. Yang aku syukuri tuh, dia selama ini masih jujur (kadang² suka aku uji)". (Ri)
"Tergantung Mbak, kita mau mengajarkan sama anak kita untuk menghargai BS-nya atau tidak. Kalo kita maunya supaya anak juga respek sama BSnya, jgn memarahi BS di depan anak. Tapi kalau tidak peduli, marahin aja di depan siapa pun juga. Dan ini juga berlaku untuk anak. Jangan marahin si kakak di depan adiknya, jangan marah-in adik di depan kakaknya, jangan bertengkar dengan suami di depan anak, upaya tetap bisa saling menghargai satu sama lain." (Fe)
"Aku gak pernah marah sama pembantu soalnya sudah ada si uwak yang suka marah² sama para pembantu. Jadi di rumah yang jadi nyonya itu sebenarnya si Uwak (pembantu mama yang udah ikut sejak aku kelas 5 SD). Aku sih tahu beres aja. Karena standar pekerjaan Uwak sudah sangat baik, jadi aku percayakan saja. Dan memang ada sih pembantuku yang gak betah sama si Uwak dan minta berhenti. Sejak anakku sering di rumah eyangnya di Cirebon, Uwak juga sering di sana karena menemani anakku. Pada dasarnya aku tidak pernah bisa marah dengan orang yang posisinya di bawah aku atau menjadi tanggungjawabku. Pembantu di rumah atau pembantu di kantor juga gak pernah kena marah kalo melakukan kesalahan. Aku ngomongnya pasti baik² deh. Kalo jenis kesalahannya cuma kesalahan prosedur aja, misalnya ngerusakin barang atau lupa sesuatu, itu tidak masalah. Tapi kalo si pembantu udah berani membantah atau melanggar kata²ku, ya gak dimarah²in juga sih, langsung dikeluarkan saja." (Fe)
"Memang kalo aku juga gak pernah marahin BS karena takut dia sakit hati, atau memboikot. Paling-paling aku kasih tau aja, supaya lain kali jangan begitu dengan nada rendah. Dan juga kasih contoh dari kasus orang lain. Gak berani aku kasih tau dengan nada keras. Karena aku dulu pernah di boikot sama suster. Habis gimana sich selama kita masih butuh dia,yach tutup sebelah mata, dan lain kali dari kitanya ajah hati-hati kalau memang tau si BS orangnya begitu, kira-kira ber-precautive ajah, selama kesalahannya gak fatal banget.Memang kita gakbisa berprediksi takutnya nanti si BS sakit hati, anak kita bisa kena efeknya".(Sa)
"Sebenarnya bukan hanya BS aja, pembantu ataupun siapa aja yg ikut dengan kita (yg jadi andalan di belakang), kalo bisa jangan sampe memarahinya dengan kelewatan sekali, kecuali kita udah saling kenal. Karena ini pesan dari kakekku sih, sementara kita ada di luar rumah, seberapa sulitnya kalau dia mau meludahin masakan yg dimasak buat kita sekeluarga, misalnya ? contoh yg diambil emang bukan berkaitan dengan materi, tetapi malahan hal kecil yg terkadang luput dari perhitungan kita. Memang susah untuk meminta orang untuk menyesuaikan diri ke kita. Tapi, sejauh tidak melakukan tindakan yg membahayakan keselamatan dan kesehatan keluarga dll (tergantung dari prinsip masing - masing), kayaknya yach...kita juga kudu toleran. Bukankah yg bisa cocok dg kita ya...diri kita sendiri. Namanya juga berurusan dengan sesama manusia, sama - sama terdiri dari tulang, kulit dan darah ?" (Sh)
0 komentar:
Posting Komentar