Mencuci Baju Bayi

Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Saya lagi kepikiran untuk meng-spin pakaian dia di mesin cuci, bisa 80% kering, jadi jemurnya gak perlu lama2 banget. Selama ini baju2nya selalu cuci tangan dan langsung jemur, gak di-spin dulu. Menurut ibu gimana ya? Kalau pakai sarung jaring itu udah cukup aman gak ya? Saya kok takut kalau pakaiannya jadi pada molor.

Jawab
Boleh tanya, memangnya baju-bajunya dari bahan apa? kalau dari cotton (paling bagus buat bayi)sebetulnya boleh-boleh saja tuh di spin, ataupun yang hmm apa ya lupa, kalau PJs kan biasanya memang dikasih bahan yang semacan tahan api gitu, dan di spin juga boleh. waktu anakku bayi semua baju dispin dan di masukin dariyer, biar praktis deh! Aku sih biasanya yang dimasukin sarung jaring ya kaos kaki hat dsb (abis kan punya mrk mungil banget tuh, takut kececeran) [rm]

Aku pakai mesin cuci yang front loading, kadang juga nyucinya manual, baru dispin di mesin cuci, so far sih gak molor, karena kebanyakan juga baju-baju rumah yang dispin, stl dispin, jemurnya juga cukup diangin2kan aja, sorenya kalau kayaknya masih agak dingin lgs disetrika & diangin2kan lagi didalam ruangan (indoor) [kl]

Baju bayiku aku cuci pakai tangan dan dikeringin pakai mesin cuci. Nyucinya bisa 2 kali sehari, dan kalau sorepun pasti kering kok besoknya, so far gak jadi melar gak karuan. [Vl]

Kalau soal baju bayi masuk mesin cuci, terus terang, tergantung jenis bajunya! soalnya, aku juga ada baju2 bayi dari indonesia, ampun deh, hiasan2nya saja ditempel pakai glue gun! Atau kancingnya tidak kenceng njahitnya, cuman sekali simpul, blm lagi yang kainnya tipis2 itu, kalau dicuci jadi keriting. Tapi baju2 dari indo yang kualitas ekspor (dapet di FO) itu mendingan banget deh, jahitannya kuat dan hiasan2 juga dijahit/dibordir, tidak hanya di-lem (duh, kdg2 mikir, kok tega ya org bikin baju bayi/anak2, hiasannya di-lem, kan bahaya banget tuh, bisa ditarik sama anaknya dan bikin chocking!!)[Nk]

Kalau aku sih, cuci bajunya pakai tangan, trus baru dikeringin pakai pengering, supaya tidakmolor, .naruh bajunya harus diatur rapi, spy tidak melilit. [eny]

Kesimpulan:
Akhirnya aku memutuskan untuk tetep cuci pakai tangan dan men-spin baju2nya terutama sprei, bedong, tatakan ompol, handuk, dan celana rumahnya. Kaos kaki juga, bs-ku sampai maksa2 beli kaos kaki banyak. ketar-ketir juga sih, takut molor. soalnya mostly bahannya kaos katun. hasilnya ada juga satu-dua yang molor. yang penting gak perlu pakai pampers terus. baju rumah yang atasan gak aku spin, takut kancingnya pada lepas. baju pergi juga gak di-spin, karena gak sering pergi juga.

0 komentar: