Bayi Prematur : Berikan Pelukan Terhangat Anda

Bayi yang lahir prematur biasanya langsung dimasukkan dalam inkubator sehingga orang tua tidak bisa memegang dan memeluk sang bayi. Sebuah disain baru diciptakan untuk mengubah keadaan tersebut dengan membuat 'humanising incubator'.

Dengan alat itu orang tua bisa mendapatkan akses untuk berinteraksi dengan anak yang baru lahir tersebut, serta membuat orang tua bisa menyentuh bayinya dan memberikan interaksi penting pada awal kehidupan bayi tersebut.

"Desain ini bisa mengeluarkan bayi dari inkubator dan meletakkan di lengan sang ibu, namun tetap bisa memonitor alat kesehatan yang dibutuhkan," ujar Halls seperti dikutip dari BBCNews.

Sally dari Royal College of Arts mengatakan tujuan dari disain inkubator ini adalah untuk mengurangi proses isolasi bayi yang prematur. "Saya ingin melakukan sesuatu yang bisa membantu bayi sakit agar tetap mendapatkan sentuhan orang tuanya," tambahnya.

"Sebagai orang tua baru hal yang ingin dilakukan adalah memegang bayinya, tapi biasanya orang tua khawatir hal ini akan membuat waktu penyembuhan sang anakmenjadi lebih lama," lanjutnya.

Pada jenis inkubator yang baru ini, bayi akan diletakkan pada kasur yang hangat kemudian sekitarnya ditutup rapat saat bayi dipegang oleh orang tua. Kasur yang digunakan juga dibuat dengan aman untuk mencegah luka pada bayi dan dibuat nyaman karena bayi banyak menghabiskan waktunya disana.

"Bayi akan bisa melihat, mendengar dan mencium ibunya yang membuat bayi tersebut menjadi tenang dan meningkatkan interaksi antara bayi dan ibu sehingga terjadi ikatan batin antara keduanya," ujar Halls.

Dr. Jane Hawdon, konsultan neonatologist dari University College London Hospital, mengatakan bahwa semakin banyak kontak yang diberikan oleh ibu kepada bayinya akan mempercepat proses penyembuhan dari sang bayi. Hampir semua unit neonatal mencoba untuk melakukan semua hal agar dapat memegang sang bayi dan cara ini bagus untuk kesehatan bayi tersebut.vfb/det


0 komentar: