Kelebihan Bobot Membuat Anak Sulit Tidur Nyenyak


Anak-anak yang memiliki perut buncit mengalami kesulitan bernafas saat tidur. Tidur tak nyenyak ini menyebabkan masalah perilaku seperti hiperaktif dan kesulitan untuk tetap terjaga di sekolah.

Penelitian yang dilakukan Penn State University Collage of Medicine memeriksa 700 anak dengan usia antara 5-12 tahun yang dipilih secara acak dari 18 sekolah dasar umum di Pennsylvania.

Setiap anak dites fisiknya dengan memonitor 9 jam tidur di laboratorium dengan menggunakan polysomnography, yang berguna untuk mengukur aktifitas otak, jantung, aliran udara, dan pernafasan oksigen selama tidur.

Para peneliti menemukan, sekitar 25% dari anak-anak mengalami kesulitan bernafas saat tidur yang rendah, dan 1,2% mengalami kesulitan bernafas saat tidur dengan tingkat sedang, dan ditetapkan lima atau lebih memiliki jeda saat tidur per jam. Lebih dari 15% mengalami masalah utama mendengkur.

Baru-baru ini, tumbuhnya adenoide tonsils yang membesar diyakini menjadi penyebab kesulitan bernafas saat tidur pada anak-anak. Tetapi menurut berita dari American Academy of Sleep Medicine (AASM) tidak ditemukan hubungan langsung ukuran amandel dan kesulitan bernafas.

"Sebaliknya, kegemukan dapat memainkan peranan yang lebih besar," ujar Edward O. Bixler, dari Penn State University Collage of Medicine.

Faktor risiko kesulitan bernafas pada anak-anak sangat kompleks dan mencakup metabolisme, inflammatory dan faktor anatomi.

"Karena kesulitan bernafas pada anak-anak tidak hanya karena ketidaknormalan anatomi, pengobatan juga harus mempertimbangkan strategi alternatif lain, seperti
berat badan dan masalah di hidung," kata Bixler.

Kesulitan bernafas saat tidur bisa terjadi dari yang ringan hingga yang berat. Menurut informasi dari AASM, kasus yang ringan ditandai dengan mendengkur yang terus menerus karena masalah anatomi hidung seperti sinusitis kronik, rhinitis dan saluran hidung.

Pada kasus yang parah termasuk mempersulit tidur, yang berpotensi membahayakan dengan kondisi nafas yang berhenti dan bernafas kembali sepanjang malam. Setiap jeda biasanya berlangsung 10-20 detik dan dapat terjadi 20-30 kali perjam.

Sementara anak-anak yang cenderung memiliki kesulitan bernafas saat tidur dibandingkan orang dewasa, mereka hanya kesulitan untuk tidur.

Anak-anak yang lebih tua cenderung mengalami kesulitan bernafas sedang. Sebesar 2% dari anak-anak antara usia 9-12 tahun mengalami kesulitan bernafas saat tidur dengan tingkat sedang, dibandingkan dengan anak-anak usia 5-8 tahun yang hanya 0,2%.

Kesulitan tidur biasanya terjadi ketika jaringan lunak dibagian belakang tenggorokan menyempit dan menutup saluran udara selama tidur. Pada anak-anak, mendengkur yang keras dan nafas yang terengah-engah merupakan tanda peringatan.ver/det

0 komentar: