Menyapih

Sumber: ibu ibu DI

"Kalau kataku sih, cara yg paling efektif ya niat ya... Kalau kita udah niat mau berhenti, ya gampang sih... Meski niatnya tdk harus selalu direncanakan... Seperti aku, tadinya gara2 aku kecapean, males banget mo netekin [krn klu anakku nenen kan terpaksa aku tidur miring]. Waktu itu anakku 20 bulan. Trus aku kasih tahu, Mama lagi capek nduk... Eh, kejadian satu hari ga' netek. Ya wis, lgsg ta'niatin berhenti aja sekalian. Lagian niatku u/ breastfeed for at least 1 year udah terlaksana kan.... Trus besokannya pagi, dia masih minta. Aku bilang masih capek [pdhl udah ga' sih...]. Trus siang dia ga' tanya2 lagi. Malem mmg masih nyariin, tapi ngga' minta. Eh, besokannya [berarti hari ke-3] udah lupa tuuh..... Jadi deh! Seneng deh... ternyata ga' susah nyapih anakku."[Qn]

"Untuk menyapih anakku dulu aku dikasih saran :
-puting diolesi yang pahit-pahit
-diolesi ramuan jamu biar keliatan hitam/serem
-ditutup pake plester(hansaplast ada yang jumbo kalo enggak salah)
-dijarangkan dulu frekuensi menyusu jauh sebelumnya,
en macem-macem lagi. Tapi enggak ada yang berhasil...karena akunya nggak tega. Jadi anakku baru disapih 2 tahun 10 bulan (!) dengan cara: "enggak dikasihin aja", dan akunya pakai baju yang enggak ada bukaan depannya Rewelnya 3 hari 3 malem "[Di]

"Dulu aku sukses nyapih dgn kasih rasa pedes-2 di nippleku (aku olesin cabe rawit). Kalau rasa pahit sih anakku boleh dibilang doyan, makanya minum obat sepahit apapun dia mau. Coba deh dgn kasih pedes-2, tapi takut juga ya kalau jarinya ke mata, nanti ikutan kepedesan."[Ed]

"Kalau aku lain lagi caranya ..waktu mulai menyapih anakku ( 20 bulan ) Putingku kuolesi Obat Batuk OBH Combi Plus, rasanya khan pedas tuch...pertama-tama berhasil, tapi beberapa hari kemudian dia mulai rewel kalau mau tidur malam hari, dia mulai inget lagi dengan kegiatan " Nenennya" karena'ga tega ngeliat dia selalu nangis, akhirnya aku kembali lagi dengan kegiatanku setiap malam memberikan dia "Nenen" sampai saat ini, pernah kemarin aku coba lagi dengan cara diatas, ternyata dia mulai terbiasa dengan rasa OBH Combi Plus"[NE]

"paling efektif yg aku alamin tuh, kemauan kitanya hehe, aku waktu nyapih anakku pas umur dia 2,3 th, gagal gagal terus, akhirnya aku diem dulu ampe sebulan ngga nyoba, di sebulan itu aku ngeyakinin diri bahwa aku bisa dan harus!! ya udah akhirnya terus janjian sama suami, pas malem aku pake baju lapis lapis, biar dia ngga bisa buka buka baju nyari tete, terus ya kalo nangis malem gantian gendong sama suami, 5 hari gitu terus, akhirnya beres,"[Dn]

"Kalau aku dulu sampai anakku 15 bulan masih full. Pas 15 bulan, dengan tekad bulat, aku mulai nyapih, awalnya yang diberhentiin cuma ASI siang aja. Malam masih dapat. jadi kalau siang dia rewel, aku kasih harapan, 'nanti malam'. Sampai hafal banget dgn kalimat "No milk until Night". So beneran deh, seminggu dia rewel karena siang gak dapat susu, tapi akhirnya biasa. Aku lupa gantinya apa, abis dia juga gak mau minum susu botol. Terus pas 18 bulan, aku berhentiin juga minum susu malamnya. Syukur cuma 3 hari rewelnya. Jadi tiap dia minta ASI, langsung dikasih gelas air putih. Awalnya ngamuk, tapi setelah lewat 3 hari, dia OK-Ok aja...Sampai sekarang. Kalau sekarang sich susunya susu full milk dus-an yang khusus anak2. Sehari bisa 2-3 dus 200ml. Gak bisa dilarang, karena udah bisa ngambil sendiri dari kulkas, atau dari tempat nyimpen di gudang.. :-)"[Mi]

"kasus nya hampir sama ama aku, kasihan terus, jadi rencana disapih dari umur 1 tahun lebih jadi molor ke 2 tahun 8 bulan, pake cara macem-macem (dikasih brotowali lah ..)nggak berhasil, ternyata brentinya gampang banget, waktu dia lihat keponakanku masih bayi dititipin dirumah, dia bilang kalo mau adek, akhirnya aku kasih tahu, kalo mau adek harus brenti netek, ehh ternyata manjur lho, mungkin karena pengin banget punya adek, dia bisa stop sama sekali neteknya, jadi kalo dia kepingin , dia mengingatkan diri sendiri kalo pengin adek jadi nggak boleh netek, udah gitu aja. nggak sesusah yang aku bayangin. "[Rn]

"Pengalamanku menyapih anak pertama lancar-lancar aja, setelah aku dua tahun menyusui dan dibulatkan tekad ...deiiilah .. untuk menyapih, maka sejak 6 bulan sebelumnya (lamaaaaaaa banget ya) aku mulai kasih pengertian bahwa dia sudah saatnya untuk tidak menyusu lagi .....begitu tiap hari, tanpa mngurangi Frekuensi menyusui (karena masih kasihan) .. nah Pas deket-deket Ulatah ke dua, mulai deh Intensive memberi pengertian ke dia dan frekuensi menyusi dikurangi, sampai akhirnya pas Ultah dia yang kedua, aku benar-benar lepaskan dia, nangis sih anaknya, tapi karena tekadnya sudah bulat, pas dia nangis aku tetap enggak kasih ASI, aku peluk dia, aku bujukin, dan bilang bahwa aku sayaaaaaaaaaaaang banget sama ade, dan aku bujukin pakai susu botol, akhirnya hanya 3 hari repotnya mendiamkan tangisan Insan... setelah itu ya dia pakai susu botol. Dan Alhamdulillah pakai susu botolpun hanya 6 bulan, lepasnyapun dengan cara yang sama, dengan memberi pengertian dan bujukan."[IK]

0 komentar: