Ngedot VS Minum Susu di Gelas

Sumber: ibu ibu DI

Tanya
anakku (3.5 thn) aku ajari minum susu di gelas baik minum langsung ataupun pakai sedotan. Ini sudah berjalan hampir satu bulan (semua botol dan dot-nya sudah aku gudangkan)tapi aku merasa ragu-ragu, soalnya minum susunya jadi sedikit walaupun frekwensinya sama dan susah banget, kyanya tidak menikmati, biasanya pas jam-nya minta sekarang malah menunggu disodorin itupun maunya dipegangin aku atau mbak-nya sambil males tidak niat minum. Bagaimana ya aku terusin "program minum dari gelas" :-) ini atau biarin dulu ngedot sampai cukup gede dan sadar dengan sendirinya untuk pindah ke gelas?, yang aku takutkan asupan gizinya kurang lagipula anakku kurang begitu suka makanan pengganti susu. (Ad)

Jawab
ini sih bukan pengalaman aku (karena anakku juga agak susah minum susu dari gelas dan harus disendokin) tapi dari temenku dan referensi dokter. Mengedot dan minum susu gelas, lebih bagus pakai gelas, karena dot bisa bikin gigi jelek karena kandungan gula dalam susu lebih lama lengketnya di gigi daripada pakai gelas. Menurut dokter, anak kudu dilatih terus minum susu pakai gelas dan kuncinya kita kudu sabar. Anakku (21 bl) juga begitu, susah minum pakai gelas, kalau mau cepat disendokin baru habis atau minumnya pas dia haus banget baru kenceng minumnya. Pernah suatu kali, mungkin akunya lagi kesel banget, dibikinin susu tidak dihabisin, gak terasa ngomel nih ama anak, eh lha kok dia langsung kenceng minum susunya. Kaget kali ya, ibunya kenceng ngomelnya..hehehe....Kalau begitu terusin saja "program minum gelas"nya dan juga diselingi minum dot-nya, pelan-pelan ntar dot-nya dihilangin. biar gak terlalu drastis gitu.(End)

Anak umur 3,5 thn bukannya sudah banyak makan ya? (maksudku makan beneran seperti nasi + sayur, dll yang banyak gizinya). Kalau menurutku diterusin saja program minum dari gelasnya, Kalau takut kurang gizinya, sudah coba kasih keju? Anaku ( 1 thn 3 bln ) suka banget roti + keju (keduanya aku suir-suir jadi seperti kasih makan burung hihihihi) terus dia makan sendiri. Dan frekuensi pemberian susunya lebih sering saja dikasih dan dicoba pakai gelas, supaya asupan gizi susunya tidak kurang jadi frekuensinya ditambah lebih sering.

Kalau anakku minum susunya sekarang cuma pagi bangun tidur, mau tidur siang dan mau tidur malam. Kalau mau tidur dia masih pakai botol minum susunya. Tapi kalau makan, sudah pakai gelas minum air putihnya. Dari dia bisa pegang, dia sudah suka mau pegang sendiri gelasnya, sekarang dia suka mengambil sendiri gelasnya terus diminum, kalau aku kasih sedotan di restaurant, dia juga mau cuma suka keselek soalnya kalau pakai sedotan masih susah ngontrol menyedotnya, dia suka pikir kaya dot kali ya?? jadi suka kebanyakan menyedotnya dan keselek . Jadi kalau pakai sedotan masih aku awasin takut dia terlalu heboh meyedotnya. Kan ada tuh keju yang lonjong, coba saja dikasih, anakku suka sekali keju itu, karena mungkin kaya dot jadi dia suka sedot-sedot dan digigit-gigit. Mungkin bisa dicoba untuk gantiin susu yang kurang.(Krs)

Aakku (4 tahun) dari belum 1 tahun minum susunya disendokin. Kalau air putih baru kenceng dari gelas :). Baru belakangan ini saja sudah bisa pagi-pagi minum susu sendiri dari gelas. Kuncinya memang harus sabar, ditambah banyak ide kreatif buat bujukin dia minum susunya dari gelas. Untuk bujukin minum pakai gelas/sedotan, aku beli gelas/sedotan yang lucu-lucu atau warna warni dari yang transparant sampai semua warna pelangi ada, tiap hari beda warna, mereka pasti suka :)lagian kalo minum dari gelaskan tidak repot, tidak perlu cuci botol, disteril-in... ringkes dah... :)(Put)

Sebaiknya diterusin saja, dulu anakku juga begitu, frekuensi minumnya jadi turun. Tapi lama-lama dia akan terbiasa kok, kasih sedotannya yang agak gedean biar minumnya agak cepat dan kita kasih sanjungan kalau dia cepat habis. Atau disuruh minum langsung dari gelas sambil nonton atau main saja biar dia tidak terlalu bete. Dulu setiap kali habis minum susu pasti ada bekas susu di atas mulut, terus aku ledekin ada kumisnya...wah, ternyata dia senang karena menurutnya lucu, akhirnya dia minum saja terus.(Ri)

Kalau tidak salah ingat, dari umur 2 tahun ke atas, konsumsi susu (dhi kalsium) hanya 2 gelas susu per hari. Jadi kalau itu sudah terpenuhi, ya tidak masalah toh ? Minum dari gelas itu adalah keterampilan, bukan pilihan (optional),jadi harus dipelajari loh, Sama seperti makan sendiri, juga keterampilan. Banyak loh yang sampai SD masih disuapin...:-) (Rn)

Minum dari gelas itu harus dipelajari jadi pasti butuh waktu dan kesabaran. Pelan-pelan saja ajarin anaknya nanti lama-lama dia biasa, kalau anakku dulu pas usia 1th 4bln sudah minum pakai gelas, karena sejak dia mulai bisa minum pakai gelas yang ada corongnya (apa tuh namanya? yang kayak dot tapi lubangnya gede) langsung pelan-pelan aku lepas dotnya, diselang-seling gitu, trus pas dia sudah bisa pakai sedotan juga begitu, lama-lama sedotannya aku lepas jadi deh pakai gelas saja. Cuma kalau lagi di perjalanan saja tetap pakai gelas yang ada sedotan biar tidak tumpah. Persis banget aku ngikutin step-by-step botol susu MagMag. Jadinya jauh sebelum dia umur setahun semua dot sudah masuk gudang :-). (Rat)

0 komentar: